Minggu, 20 November 2011

LONJAKAN TRAFIK LAYANAN DATA TELKOMSEL HINGGA 100% SELAMA KTT ASEAN KE-19



Selama berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-19 di Nusa Dua, Bali, trafik layanan data perusahaan kita mengalami peningkatan signifikan. Di kawasan Nusa Dua, Telkomsel sukses melayani penggunaan layanan data rata-rata sebesar 36.500 megabyte setiap harinya atau melonjak lebih dari 100 persen dibandingkan hari normal yang mencapai 18.700 megabyte perhari.
Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno yang terjun langsung memantau kualitas jaringan Telkomsel di Nusa Dua mengatakan, “Telkomsel setiap saat terus menjaga dan melakukan pengawasan kualitas jaringan agar tamu negara peserta KTT ASEAN maupun tim panitia yang bertugas dapat berkomunikasi dengan nyaman, baik saat menggunakan layanan suara maupun ketika terkoneksi dengan layanan data. Sebagai operator carrier paling Indonesia, Telkomsel ingin melayani tamu-tamu negara peserta KTT ASEAN dan masyarakat umum lainnya dengan sebaik mungkin.”
Di samping lonjakan trafik layanan data, pada dua hari pertama KTT ASEAN ke-19 yang berlangsung pada 17-19 November 2011 juga terjadi peningkatan trafik layanan suara. Tercatat rata-rata trafik layanan suara mencapai 7.800 erlang setiap harinya atau meningkat lebih dari 40 persen dibandingkan dengan hari normal yang mencapai 5.500 erlang.
Mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi tersebut, perusahaan kita jauh-jauh hari telah meningkatkan kapasitas jaringan mulai dari kawasan Bandara Ngurah Rai hingga lokasi sekitar konferensi di wilayah Nusa Dua. Selain itu,perusahaan kita juga menambah 30 base transceiver station (BTS) dan menempatkan 2 compact mobile base station (combat).
Kualitas layanan data perusahaan kiya di kawasan Nusa Dua didukung jaringan 3G berteknologi high speed downlink packet access (HSDPA) dengan kecepatan hingga 14,4 Mbps. Khusus di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) yang menjadi lokasi utama penyelenggaraan KTT ASEAN, Telkomsel juga menyediakan layanan akses internet nirkabel (Wi-Fi). Layanan ini banyak dimanfaatkan dan membantu peserta konferensi maupun wartawan yang melakukan peliputan.
Selain melakukan pengawasan langsung terhadap kualitas jaringan di Nusa Dua, Sarwoto juga turut meninjau pelayanan pelanggan di booth Telkomsel yang terletak di BNDCC. Kunjungan ke Nusa Dua ini juga dalam rangka memberikan dukungan terhadap seluruh tim Telkomsel yang bertugas mengamankan jaringan dan memberikan pelayanan selama berlangsungnya konferensi.
Perusahaan kita telah menggelar sekitar 1.150 BTS di wilayah Bali, di mana sekitar 400 di antaranya merupakan BTS 3G untuk melayani kebutuhan komunikasi data yang berkualitas. Telkomsel juga telah menyediakan kapasitas link transmisi untuk layanan data sebesar 2 Gbps. 15 base station center (BSC) dan 4 mobile switching center (MSC) turut mendukung komunikasi bagi lebih dari 2 juta pelanggan serta wisatawan pengguna layanan Telkomsel yang sedang berlibur di kawasan wisata di Bali.
Dengan berbagai uji kualitas jaringan atau drive test rutin, indikator kualitas layanan perusahaan kita di Bali menunjukkan angka call setup success rate(CSSR) sebesar 97,8 persen, call completion success rate (CCSR) 99,2 persen, serta data success rate 99,5 persen yang berada jauh di atas standar kualitas sehingga makin mengukuhkan Telkomsel sebagai operator kelas dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar